Selasa, 13 Februari 2018

Jenis - Jenis Komputer

Secara umum, jenis-jenis komputer saat ini berikut.

a. Superkomputer

Superkomputer merupakan jenis komputer yang memiliki kecepatan proses paling hebat. Biasanya digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalnya peramalan cuaca dan perancangan roket. Superkomputer ini tersusun atas 9.l52 prosesor Pentium P6 dengan kecepatan lebih dan 1,3 trilyun instruksi per detik. Pada tahun 2004 IBM telah menyelesaikan proyek superkomputer Blue Storm dengan kecepatan 20 trilyun instruksi per detik.
Superkomputer


b. Mainframe atau Komputer Besar

Mainframe adalah komputer yang sangat besar dengan kecepatan 50 sampai 20.000 MFLOPS. Harganya mencapai jutaan dolar dan mempunyai ukuran lebih dari satu ruangan. Kegunaannya adalah menangani pemrosesan data dengan volume yang sangat besar. Contoh komputer ini adalah IBM S/390.


c. Minicomputer atau komputer kecil

Minicomputer sering disebut dengan sistem Midrange, merupakan mesin besar yang berdaya guna (powerfull). Biasanya melayani jaringan dengan terminal yang sederhana, sebagai server pada perusahaan berskala menengah, memiliki kecepatan 3-1.000 MLOPS. Contoh komputer ini adalah IBM AS/400.

d. Workstation atan terminal kerja 

Workstation merupakan mesin yang powerfull. Komputer-komputer mi mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan aplikasi perhitungan yang rumit dengan kecepatan 50-500MLOPS. Komputer-komputer ini menggunakan sistem operasi UNIX atau NT. Komputer jenis ini dilengkapi dengan prosesor RISC yang powerfull seperti digital Alpha atau MIPS.

e. Mikrokomputer

Mikrokomputer lebih dikenal dengan personal computer/komputer pribadi, merupakan komputer yang murah dan dibuat/diproduksi secara banyak/massal, dengan kecepatan 1-50 MLPOS. Biasanya menggunakan DOS, Windows, atau sistem operasi yang sejenis. Komputer ini digunakan untuk aplikasi-aplikasi standar. Mikrokomputer dibedakan menjadi Desktop PC, Tower PC, Notebook, Palmtop, FDA, dan Laptop.

1) Desktop PC, adalah jenis PC yang beriikuian besar dan umum digunakan pada rumah atau kantor dengan case (kotak CPU) dalam posisi tertidur diletakkan di atas meja.

2) Tower PC, adalah PC dengan case dalam keadaan berdiri. Umumnya kotak CPU diletakkan di samping atau di bawah kolong meja.

3) Notebook (minilaptop), adalah jenis komputer yang memilild sifat seperti laptop, hanya saja ukurannya sedikit lebih kecil daripada laptop.

4) Palmtop atau Handled PC (PC gengam), adalah komputer berukuran sedikit lebih besar daripada kalkulator, sehingga dapat diletakkan di atas tangan.

5) PDA (Personal Digital Assistant), adalah jenis komputer genggam yang menggunakan pena sebagai pengganti keyboard.

6) Laptop, adalah jenis mikrokomputer yang mudah untuk dipindah atau dibawa bepergian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar