Rabu, 11 April 2012

8 tips agar mesin pencari (Google) lebih mudah menemukan web/blog Anda

1.  Buatlah konten / artikel yang baik dan selalu update. Ini adalah tip terbaik dalam SEO. Menyediakan konten yang menarik dan sering diperbarui akan membuat orang lain ingin selalu datang ke blog Anda untuk membaca berita terbaru. Dan bila pembaca merasa mendapatkan manfaat dari artikel / konten yang anda buat biasanya mereka akan subscribe (berlangganan), membookmark atau me-link pada postingan anda tersebut di blog mereka. 

2.  Riset kata kunci / keyword. Anda harus mulai menentukan segmentasi pembaca yang masuk ke blog anda berdasarkan keyword yang menggambarkan konten atau isi blog anda. Karena kebanyakan para pengguna internet mengetikkan keyword tertentu pada mesin pencari untuk menemukan web yang menyediakan informasi yang mereka butuhkan. 

3.  Buatlah judul yang jelas dan mengandung keyword / kata kunci. Judul merupakan komponen utama yang menggambarkan isi artikel anda. Selain judul yang mengandung keyword sebaiknya judul ditulis semenarik mungkin yang dapat menyebabkan calon pembaca tertarik untuk membaca kelanjutan artikel anda. 

4.  Jangan gunakan Flash. Mesin pencari menyukai teks. Komponen flash atau gambar intro dapat memblokir crawler search engine di situs Anda. Jika Anda menggunakan gambar, jangan lupa untuk menambahkan keterangan gambar pada atribut alt. 

5.  Gunakan Robots.txt. Pastikan Anda menyediakan sebuah file robots.txt yang akan membantu crawlers menentukan bagian mana saja yang boleh diindeks dalam situs Anda.  

6.  Gunakan kode halaman web yang standar, bersih dan semantik markup. Sebaiknya menggunakan susunan kode web yang rapi, terstruktur dan teratur. Untuk pengaturan tampilan sebaiknya menggunakan CSS (Cascading Style Sheet). Hal ini membuat kode web Anda lebih ringan, lebih cepat dan mudah untuk indeks.

7.  Jangan curang ! Apapun yang anda lakukan, jangan sekali-kali mencoba untuk berbuat curang. Tindakan curang itu seperti mengcopy paste artikel orang lain, menggunakan link-link tersembunyi dan sebagainya. Hal ini dapat berimbas negatif dan menghancurkan semua usaha SEO positif yang telah anda dilakukan. 

8.  Bersabar. Mesin pencari akan melakukan pengupdate-an dan pengindeks-an secara berkala. Hal ini dapat berlangsung sebentar ataupun lama setelah Anda melakukan beberapa perubahan untuk dapat melihat hasilnya. Selama menunggu hasil usaha SEO yang telah anda lakukan, tetaplah membuat konten yang bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar